Alasan cincin pernikahan di jari manis

Alasan Cincin Pernikahan di Jari Manis

 

cincin

Haruskah cincin pernikahan ditaruh di jari manis? Mungkin saja bisa ditaruh di jari lain jika memang orang yang menikah gak ada jari manis. Tetapi, selagi masih ada jari manis, rata-rata tradisi setiap bangsa di dunia ini selalu memasangnya di jari manis. Mengapa? Mengapa tidak di jari tengah, telunjuk, kelingking atau jempol? Artikel ini akan menjelaskan alasannya.

Coba anda ikuti saja langkah-langkah berikut ini, maka anda pasti takjub akan keberadaan karena Allah yang telah benar-benar membuat keajaiban ini.

1. Pertama, tunjukkan telapak tangan anda, jari tengah ditekuk ke dalam (lihat gambar).

2. Kemudian, 4 jari yang lain pertemukan ujungnya.

3. Permainan dimulai, 5 pasang jari tetapi hanya 1 pasang yang tidak terpisahkan.

4. Cobalah membuka ibu jari anda, ibu jari mewakili orang tua, ibu jari bisa dibuka karena semua manusia mengalami sakit dan mati. Dengan demikian orang tua kita akan meninggalkan kita suatu hari nanti.

5. Tutup kembali ibu jari anda, kemudian buka jari telunjuk anda, jari telunjuk mewakili kakak dan adik anda, mereka memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka juga akan meninggalkan kita.

6. Sekarang tutup kembali jari telunjuk anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak-anak. Cepat atau lambat anak-anak juga akan meninggalkan kita.

7. Selanjutnya, tutup jari kelingking anda, bukalah jari manis anda tempat dimana kita menaruh cincin perkawinan anda, anda akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri, selama hidup anda dan pasangan anda akan terus melekat satu sama lain.

Dicoba ya. Ketika otak menerima pesan untuk menggerakan jari telunjuk kita, dapat digerakan. Begitu juga dengan jempol, tengah, dan kelingking kita. Mengapa jari manis tetap diam tak dapat digerakan meskipun otak ini bersikeras mengoyahkan??? Itulah kenapa dari dulu cinta didasarkan pada dorongan kuat dari perasaan, bukan dari otak atau otot. Terasa kan sekeras apapun otak dan otot kita bersikeras menggerakan jari manis kita, tetap tak bisa digoyahkan. Simbol dari cinta sejati ?

Dalam kajian Ilmiah, jari manis kita , di pinggirnya ada 2 pembuluh darah yang berasal dari tempat yang berbeda
1. Pembuluh darah yang mendarahi ibu jari, telunjuk, jari tengah, dan setengah jari manis
2. Pembuluh darah yang mendarahi Setengah jari manis dan 1 jari kelingking, ke empat jari yang lainnya  hanya memiliki 1 pembuluh darah tapi jari manis, punya 2 pembuluh darah

Jari manis begitu special bagi dunia kedokteran karena dari sudut anatomi, ia berbeda dan sangat spesial. Makanya, pernikahan juga merupakan sesuatu yang spesial bagi semua orang.
Pasti kita akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka Mengapa? Karena jari manis mewakili SUAMI ISTRI. Selama hidup, kita dan pasangan kita akan melekat satu sama lain.
” Oleh karena itu selama masih ada waktu, Jangan sia-siakan dan jangan sakiti pasangan kita. Berusahalah untuk membahagiakan pasangan kita, baik dalam suka maupun duka “
Syeikh Abdul Qodir Jailani memfatwakan dalam Al-Ghunyah bahwa : Dimakruhkan memakai cincin di jari tengah dan jari telunjuk. Hal ini didasarkan pada riwayat yang menyebutkan bahwa Rasulullah saw telah melarang hal itu. Dan dianjurkan memakai cincin di jari manis tangan sebelah kiri. sesuai dengan riwayat Abu Daud bahwa Nabi saw memakai cincin di tangan sebelah kiri, sedang batu matanya berada di bagian telapak tangan. Pemakaian cincin di tangan kiri adalah karena tangan kanan digunakan untuk menerima segala sesuatu. di samping itu caratersebut akan lebih melindungi cincin dan tulisan yang ada padanya.
( Diambil dari banyak sumber )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *